Perbedaan rangka underbone dan eSAF di motor Honda

bentuk rangka esaf yang terdapat pada honda vario 160

Rangka eSAF patah, keropos dan berkarat, belakangan berita ini sempat buat geger dunia jagat maya pada pertengahan Agustus 2023.

Tentu saja berita ini langsung viral, bagaimana tidak, berita ini diupload oleh salah satu aku media sosial yang memiliki jutaan follower (@ifodepok_id).

Pada video postingan tersebut memperlihatkan Honda Beat mengalami patah pada bagian tengah.

Kasus ini bikin geger karena nggak cuma satu-dua motor yang kena, tapi cukup banyak. Yang bikin tambah ramai, ini terjadi pada rangka yang katanya lebih canggih dan modern. 

Padahal sebelumnya, rangka underbone yang lebih sederhana jarang sekali bikin masalah.

Nah, di tengah kehebohan ini, Honda Vario yang jadi salah satu motor terlaris di Indonesia juga kena imbasnya. 

Banyak calon pembeli yang mulai meragukan dan mempertanyakan soal rangka motor ini. Soalnya permasalahan ini menyangkut ke keselamatan pengendara. 

Jenis Rangka pada Honda Vario 125 2024

Dari awal kemunculan, Honda Vario menggunakan struktur rangka "underbone" yang kemudian  diupgrade ke struktur teknologi rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Jadi Honda Vario memiliki dua jenis struktur rangka yaitu underbone dan eSAF. 

Penjelasan tentang rangka "underbone"

Merujuk dari spesifikasi teknisnya, rangka underbone pada Honda Vario 125 2024 terdiri dari dua bagian utama:

  • Rangka utama
Terbuat dari bahan baja yang kuat dan ringan, memberikan kestabilan dan kekuatan yang diperlukan untuk mengendalikan sepeda motor.
Desainnya ergonomis dan aerodinamis, memberikan kenyamanan dan kontrol yang baik bagi pengendara.
  • Rangka sub-frame 
Terletak di bagian belakang sepeda motor, berfungsi untuk menopang bagian belakang seperti mesin, suspensi belakang, dan bagasi. Rangka ini juga didesain kuat dan ringan untuk memberikan kestabilan tambahan.

Penggunaan rangka underbone memberikan keunggulan dalam hal manuverabilitas dan kestabilan saat berkendara. 

Model rangka ini sudah digunakan semenjak generasi Vario pertama hadir di Indonesia.

Penjelasan Rangka "eSAF"

Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) pada Honda Vario merupakan inovasi teknologi rangka yang pertama kali diperkenalkan Honda pada tahun 2019. 

Berikut adalah detail penting terkait rangka eSAF pada Honda Vario:

Konstruksi dan Teknologi

  • Terbuat dari pelat baja yang di-press dan dilas menggunakan teknologi laser welding
  • Memiliki desain yang lebih simpel dengan menghilangkan 34 komponen dibanding rangka konvensional
  • Terdiri dari rangka utama (underbone) dan dua bagian belakang (subframe)

Penggunaan pada Varian Vario

  • Hanya Honda Vario 160 yang menggunakan rangka eSAF (sejak 2022)
  • Vario 125 tetap menggunakan rangka underbone konvensional

Alasan Honda Menggunakan Rangka eSAF

  • Efisiensi Bobot
    • Lebih ringan 8% dibanding rangka konvensional
    • Meningkatkan efisiensi bahan bakar
  • Peningkatan Kapasitas
    • Memungkinkan ruang bagasi yang lebih besar
    • Meningkatkan kapasitas tangki bahan bakar
  • Performa
    • Memberikan stabilitas lebih baik saat bermanuver
    • Meningkatkan handling dan kenyamanan berkendara
  • Teknologi Produksi
    • Proses produksi lebih efisien
    • Menggunakan teknologi las laser yang lebih presisi

Meskipun memiliki berbagai keunggulan teknis dan produksi, rangka eSAF sempat menghadapi kontroversi terkait masalah karat dan keropos, yang membuat Honda tetap mempertahankan rangka underbone konvensional untuk Vario 125.

Apakah Honda Vario 2024 Menggunakan Rangka eSAF?

Dari data yang kami dapatkan, Honda Vario yang menggunakan rangka eSAF adalah Honda Vario 160 yang pertama kali launching pada tahun 2022 hingga sekarang. 

Sementara Honda Vario 125 tetap menggunakan rangka underbone konvensional hingga saat ini. Berikut kami sajikan tabel informasi tentang timeline perubahan rangka Honda Vario untuk lebih mudah dipahami. 

Periode Model Jenis Rangka
2006-2009 Vario Generasi Pertama Underbone
2009-2012 Vario Techno Underbone
2012-2015 Vario 125 FI Underbone
2015-2018 Vario 125 & 150 eSP Underbone
2018-2022 Vario 125 Underbone
2018-2022 Vario 150 Underbone
2022-sekarang Vario 125 Underbone
2022-sekarang Vario 160 eSAF
Model Jenis Rangka Status
Vario 125 Underbone Masih digunakan hingga sekarang
Vario 150 Underbone Digunakan hingga 2022
Vario 160 eSAF Digunakan sejak 2022


Semoga tulisan kami ini bisa menjelaskan atau menjawab rasa penasaran tentang rangka perbedaan eSAF yang terbaru dengan rangka Underbone. Serta digunakan pada motor apa saja. 

Sekian dulu ya, next akan kami update apabila sudah dapat inspirasi baru. Seperti biasa, masukan dan kritik dari pembaca akan sangat kami hargai dan terima. 

Silahkan berkomentar yang bijak di kolom komentar kami. Terima kasih!

1 comment for "Perbedaan rangka underbone dan eSAF di motor Honda"